Monday, January 21, 2013

Memproteksi PDF dengan password


Seorang teman bertanya pada saya "bagaimana cara membuat file PDF agar tidak mudah di copy isinya?". Karena kebetulan hari ini saya mampir ke warnet, so sekalian aja aku buat posting kilat mengenai cara memproteksi file bentuk PDF.
Dalam posting terdahulu sudah pernah saya bahas tentang bagimana mengubah PDF menjadi microsoft word dokument, tapi kali ini saya bahas tentang mengubah file microsoft word dokument menjadi bentuk PDF. caranya cukup sederhana yaitu hampir mirip apabila kita mau ngeprint sebuah dokumen hanya saja pada bagian printer name kita gantikan dulu dengan program yang kita miliki. Dalam posting ini program atau software yang digunakan adalah "nova PDF Professional".

Menggunakan software nova PDF Professional kita tidak hanya bisa membuat PDF saja, tapi cukup banyak juga fasilitas lainnya diantaranya adalah memproteksi PDF agar "tidak mudah dicopy" atau memproteksi PDF dengan password juga bisa. cara kerja program ini adalah dengan meng-enkripsi data kita sehingga file PDF yang dihasilkan bisa kita atur tingkat keamanannya (security) menurut keinginan kita, walaupun memiliki fasilitas yang lumayan berguna tapi kapasitas master dari software ini tidak lebih dari 5 MB, cukup kecil bukan?
Software ini bisa kamu download dengan cara megunjungi websitenya langsung.
setelah kamu mendownload dan menginstalkannya langkah-langkah penggunaan softwarenya adalah sebagai berikut: 

Buka dokumen yang ingin kamu konversi menjadi bentuk PDF sekaligus memproteksinya. buka kotak dialog print biasanya dengan menekan CTRL+P, pada pemilihan printer pilih novaPDF Pro.
Klik pada tombol properties (atau Preferences) untuk membuka kotak dialog "novaPDF Pro Properties"
setelah mucul kotak dialog klik "security tab" kemudian kamu bisa pilih jenis enkripsi Low Level atau High Level Encryption method, selanjutnya kamu menggisi password bila di inginkan atau memberikan tanda ceklist pada poin modify document content


mm:



0 comments:

Post a Comment

Blog Dian Alm II © 2008. Template by: Infonetmu