Friday, February 1, 2013

Cara Menghilangkan Virus Shortcut Komputer


Cara Menghilangkan Virus Shortcut - Ada yang pernah mengalami terkena virus shortcut di hardisk atau flashdisk? Bagi pengguna windows biasanya rata-rata pernah mengalami ini. Karena virus shortcut ini penyebarannya memang terbilang luar biasa cepatnya. Makanya banyak yang berkeluh tentang akibat dari virus shortcut yang menjengkelkan ini.

Virus shortcut sifatnya selalu menduplikatkan setiap folder yang ada di hardisk atau flashdisk dengan menambah shortcut baru. Jika kita coba untuk menghapus file secara biasa maka virus ini akan muncul dan muncul lagi. Namun dengan cara menghilangkan virus shortcut ini, kita akan gampang menghapus virus shortcut yang bandel ini:

Cara Menghilangkan Virus Shortcut
Cara Menghilangkan Virus Shortcut Komputer


  1. Matikan System Restore.
  2. Matikan proses virus wsrcipt.exe (C:\WINDOWS\System32\wscript.exe). Bisa menggunakan Task Manager
  3. Hapus file induknya yang ada di C:\Documents and Settings\\My Documents\database.mdb, agar setiap kali komputer dijalankan tidak akan me-load file tersebut. Dan jangan lupa kita buka juga MSCONFIG, disable perintah yang menjalankannya
  4. Untuk men-delete file-file selain 4 file terdahulu, kita harus mencarinya dengan cara search file dengan ekstensi .lnk ukurannya 1 kb. Pada 'More advanced options' pastikan option 'Search system folders' dan 'Search hidden files and folders' keduanya telah dicentang 
  5. Harap berhati-hati, tidak semua file shortcut / file LNK yang berukuran 1 kb adalah virus, kita dapat membedakannya dari ikon, size dan tipenya. Untuk shortcut yang diciptakan virus ikonnya selalu menggunakan icon 'folder', berukuran 1 kb dan bertipe 'shortcut'. Sedangkan folder yang benar harusnya tidak memiliki 'size' dan tipenya adalah 'File Folder'.

mm:



0 comments:

Post a Comment

Blog Dian Alm II © 2008. Template by: Infonetmu