Friday, January 18, 2013

Keajaiban air wudhu




Sebelum kita mendirikan shalat, maka salah satu hal  yang wajib untuk kita laksanakan sebelumnnya adalah berwudhu, atau mensucikan diri kita dari segala hadas dan najis yang menempel pada tubuh kita.

Dan tahukah anda bahwa dengan rajin berwudhu hal tersebut dapat menyehatkan jiwa dan raga kita. Dunia kedokteran sudah pernah meliti bagaimana khasiat wudhu yang ternyata sangat luar biasa lho, maka dari itu jangan anggap spele broo  . Bahkan banyak orang yang masuk kedalam agama islam, karena mereka telah menyadari betapa islam sangat detail dalam mendidik umatnya, baik cara beribadah dan juga cara membersihkan diri sekalipun, sungguh sebuah agama yang juga sangat memperhatikan kebersihan.



bahkan jika anda selalu rutin berwudhu, bukan hanya karena untuk shalat, namun saat kita sentiasa menjaga diri untuk selalu suci dengan air wudhu hal itu akan menjaga kita untuk tetap sehat dan bugar, serta terhindar dari berbagai macam penyakit. 

Keajaiban Wudhu
Dunia ilmu kesehatan mengenal berbagai macam metode dan pencegahan penyakit. Bahkan, ribuan tahun silam, ilmu kesehatan Tiongkok mengenal istilah akupunktur, yaitu suatu metode kesehatan dengan cara tusuk jarum. Ada ribuan titik yang harus ditusuk dengan jari, jika ingin mendapatkan kesehatan yang prima. Dan tidak mudah mempelajari titik-titik itu, karena jumlahnya mencapai 4.000-5.000 titik.

Setelah akupunktur, muncul kemudian pengobatan refleksiologi, yaitu menekan titiktitik syaraf tubuh yang terletak pada kaki dan tangan. Jumlah titik refleksi di kaki dan tangan ini mencapai ratusan lebih.

Pada 1997, metode refleksi dan akunpunktur dianggap sebuah metode yang sangat rumit, karena banyaknya titik yang harus dipahami dan dihapalkan. Maka, seorang dokter yang bernama Gary Craig, asal Inggris, melakukan modifikasi teknik akupunktur yang jumlahnya mencapai ribuan itu menjadi 18 titik. Ia menyebut teori modifikasi akupunktur ala Gary Craig ini dengan nama Emotional Freedom Technique (EFT). Teknik yang digunakan untuk pengobatan adalah dengan cara mengetok (tapping).

Kemudian pada tahun 2000-an, EFT ini dikembangkan lagi oleh Ahmad Faiz Zainuddin, alumnus Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dengan nama Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT). Teknik yang digunakan juga dengan cara mengetok (tapping). Dan jumlah titik yang diketok itu hanya ada 14. Dinamakan SEFT karena ia menggabungkan unsur doa dan kalimat thayyibah dalam tekniknya ini.

Perintah membersihkan diri atau berwudhu, sebenarnya juga diajarkan dalam agama lainnya. Kaum Yahudi juga melaksanakan wudhu (atau yang serupa dengan wudhu) dan membersihkan diri sebelum beribadah kepada Allah. Demikian pula dalam ajaran Kristen dan Katolik. Hal ini tertulis dengan jelas dalam kitab Keluaran, Kejadian, Ulangan, dan lainnya. Bahkan, dalam ajaran kaum Sabian (Shabiin), yaitu pengikut Nabi Yahya AS, mereka juga melaksanakan wudhu sebelum shalat. Shalat kaum Sabian ini adalah menghadap ke kutub utara.

Karena itu, wudhu yang seringkali dianggap sepele, sebenarnya merupakan syariat yang harus dan wajib dikerjakan. Sayangnya, banyak orang yang tidak mengerjakannya secara baik dan benar. Padahal, dalam sejumlah hadis, Rasul SAW memerintahkan umat Islam agar menyempurnakan wudhunya. “Sempurnakanlah wudhumu, karena sesungguhnya Aku (Rasul) akan mengenali kalian di hari kiamat nanti dari bekas wudhunya.”



Doa Sebelum Berwudhu
Allahumaghfir lii dzanbii wa wassi’ lii fii  daarii wa baarik lii fii rizqii
Ya Allah, ampunilah dosaku, lapangkanlah rumahku, dan berkahilah rezekiku.

Doa Ketika Berwudhu
Doa doa ini dilakukan ketika kita sedang membasuh anggota tubuh kita dalam wudhu 
Ketika Membasuh Kedua Telapak Tangan
Allahumma innii as-alukal yumnaa wal-barakata wa a-’uudzu bika minasy-syu’mi wal-halakati
Ya Allah, aku memohon kepadaMU kebaikan ibadah dan keberkahan, dan aku berlindung kepada-MU dari keburukan dan kerusakan.

Ketika Berkumur
Allahummasqinii min haudhi nabiyyika Muhammadin shallalahu ‘alaihi wa sallama ka’san laa azhma-u ba’dahu abadan.
Ya Allah, beri minumlah kami dari air telaga Nabi-Mu Muhhamad Saw. Satu gelas yang tidak akan haus selamanya.

Ketika Mencuci Hidung
Allahumma innii a’uudzu bika min rawaa-ihin-naari wa suu-id-daari
Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari bebauan neraka dan keburukan rumah

Ketika Membasuh Muka
Allahumma bayyidh wajhii yauma tabyadhdhu wujuuh wa taswadu wuujuh.
Ya Allah, putihkanlah wajahku pada hari ketika wajah wajah putih (berseri) dan wajah wajah menjadi hitam legam (yakni pada hari kiamat)

Ketika Membasuh Tangan Kanan
Allahumma’thinii kitaabii bi yamiinii wa haasibnii hisaaaban yasiiran.
Ya Allah, berikanlah kitabku dengan tangan kananku, dan hisablah aku dengan hisab yang ringan.

Ketika Membasuh Tangan Kiri
Allaahumma laa min waa tu’thinii kitaaabii bi syimaalii wa laa raa-i zhahrii.
Ya Allah, janganlah Engkau berikan kitabku pada tangan kiriku, dan janganlah pula dari belakang punggungku 

Ketika Mengusap Kepala
Allahumma harrim sya’rii wa basyarii ‘alan-naari wa azhil-lanii tahta ‘arsyika yauma laa zhilla illaa zhilluk
Ya Allah, haramkanlah rambut dan kulitku diatas api neraka, dan naungilah aku dibawah arsy-Mu pada hari dimana tidak ada naungan kecuali naungan-Mu.

Ketika Mengusap Kedua Telinga
Allahummasma’nii munaadiyal jannati fil jannati ma’al abraar.
Ya Allah, perdengarkanlah aku suara pemanggil surga di dalam surga bersama orang yang baik.

Ketika Mengusap Leher
Allahumma fukka roqobatii minan naari wa a’uudzubika minas salaasili wal aghlaal.
Ya Allah, pisahkanlah leherku dari neraka dan aku berlindung padaMu dari rantai-rantai dan belenggu-belenggu.

Ketika Membasuh Kaki Kanan
Allaahumma tsabbit qadamii ’alaash shiraatill mustaqiimi ma’a aqdaani ibaadikashaalihiin.
Yaa Allah,yaa Tuhanku,tetapkanlah tumuitku diatas titian yang lurus bersama tumit hamba-hamba-Mu yang shaleh.

Ketika Membasuh Kaki Kiri
Allaahumma inni aa’udzubika antazilla qadamii ’alaa shiraati fiin naari yauma tazilla maaqdamul kaafiriina wal munaafiqiin.
Yaa Allah yaa Tuhanku,sesungguhnya aku-berlindung kepada-Mu dari keterpelesetan tumuitku dari atas jalan neraka,pada hari dikala terpeleset tumit orang-orang kafir dan orang-orang munafiq.

Doa Ketika Selesai Berwudhu 
Asysy hadu an laa illaaha illallaah wah dahulaa syarikalah waasyhadu anna muhammadan ’abduhuu wa rarasuuluhuallaahum maj ’alnii minat tawaabiina waj’alnii minal mutathahhitiina waj:alnii min ’ibaadikash shaalihiin.
Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Satu-satu-Nya,tiada sekutu bagi-Nya Dan Saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya.Yaa Allah,jadikanlah saya termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang suci dan jadikanlah saya termasuk orang-orang yang shalih.

mm:



0 comments:

Post a Comment

Blog Dian Alm II © 2008. Template by: Infonetmu