Wednesday, April 24, 2013

Komputer Tidak Tampil Ke Layar Monitor

 Komputer Tidak Tampil Ke Layar Monitor

Kemungkinan besar Anda pernah mengalami komputer dalam keadaan menyala tapi tidak ada tampilan apapun di layar monitor. Komputer yang jarang dibersihkan memiliki tingkat debu yang tinggi. Debu-debu yang menebal membuat tertutupnya jalur-jalur pada PCB VGA dan RAM dan jalur-jalur lain. Yang dapat menimbulnya komputer menjadi bekerja tidak seperti biasanya. System menjadi Hang, dan Tidak ada penampakan pada layar monitor bahkan lebih parahnya dapat merusak Motherboard. Disini akan saya jelaskan sedikit lebih rinci, misalnya;

1. Memory
Pemasangan memory yang kurang rapat, kotor karena debu, error atau rusak dapat menjadi penyebab komputer tidak tampil ke layar monitor.

2. VGA Card error, kotor atau rusak.

3. Power supply
Power Supply yang tidak stabil bisa mengakibatkan komputer tidak tampil ke monitor, hal ini biasanya di sebabkan seringnya terjadi lonjakan arus atau seringnya terjadi pemadaman listrik.

4. Baterai cmos
Baterai cmos yang sudah habis, error tidak dapat menyimpan setting bios atau terjadi over clocking dapat menyebabkan komputer tidak tampil ke layar monitor.

5. Motherboard
Motherboard error bisa menyebabkan komputer tidak tampil ke layar monitor. Lihatlah kondisi maotherboarnya, apakah ada kapasitor yang menggelembung atau plat pendingin Transistor berubah warna. Jika hal itu yang terjadi Anda harus membawa kepusat service vendor motherboard tersebut.

6. Prosessor error atau rusak.



Berikut langkah-langkah mengatasi permasalahan yang saya sebutkan diatas;
Siapkan dulu alat perangnya...

    Kuas Halus
    Penghapus pensil
    Obeng
    Cairan IPA (beli di toko bahan KIMIA)

    Cabut RAM dan VGA, gosok bagian sisi RAM serta VGA yang ditancapkan ke slotnya itu dengan karet penghapus pensil, bersihkan slot RAM dan VGA dengan kuas. Setelah itu pasang kembali, pastikan pemasangan RAM atau VGA sudah tepat dan cobalah hidupkan komp-nya . Lihat gambar 

 
Contoh membersihkan RAM dan VGA
Dengan cara membersihkan RAM dan VGA, namun komputer tetap tidak tampil ke monitor, bearti Anda harus melakukan langkah berikutnya,

    Cabut/lepas jumper bios yang ada dekat baterai. Disitu terdapat 3 Pin dan selalu tersisa 1 pin apabila jumper terpasang, pindahkan jumper kesebelahnya sehingga posisi 1pin yang tersisa berubah dari semula. Biarkan beberapa detik, kira-kira 15 detik lalu pasang kembali jumper ke tempat semula dan nyalakan komputer Anda.

 
Jumper

Biasanya setelah Reset Bios melalui Jumper ini dan komputer dapat tampil ke monitor maka Bios akan meminta Anda untuk mensetting ulang Tanggal/Bulan/Tahun dan Jam/Waktu. Kalau dengan cara ini komputer belum tampil kemonitor, lakukan langkah berikutnya,

    Cabut Baterai CMOS dan bersihkan, lihat dan pastikan Baterai CMOS dalam keadaan baik. Namun apabila Anda kurang yakin, silahkan ganti dengan Baterai CMOS yang baru lalu nyalakan kembali komputernya.

 
Baterai CMOS

    Untuk membersihkan debu diprocessor, coba bongkar Heatsink processor dengan cara menekan memutar kunci yang berada disebelah heatsink tersebut lalu angkat. (untuk heatsink yang menggunakan mur-baut sebagai pengunci,  anda perlu membongkar motherboard dari cassingnya).  Setelah Heatsink diangkat, bersihkan headsink dengan menggunakan kuas atau kompresor. Selanjutnya Anda cabut Processornya dengan hati-hati lalu bersihkan socket processornya dan pasang kembali processor serta headsink-nya lalu nyalakan komputernya. Pastikan kipas heatsing masih dalam keadaan bagus/stabil, karena kipas processor yang tidak bagus akan mengakibatkan komputer hang, blue screen atau restart sendiri.

 
Contoh membongkar Heatsink   
Contoh Jenis-jenis Heatsink

Apabila dengan langkah-langkah diatas komputer tetap tidak muncul dimonitor, maka kemungkin besar ada kerusakan di motherboard, cobalah dengan alat pengecek mobo seperti PC ANALYZER. mungkin bisa membantu.

NB: Untuk menghindari hal-hal diatas terjadi, maka bersihkan mothetboard Anda secara rutin minimal 3 bulan sekali dengan menggunakan kompresor atau kuas.

"Semoga membantu"

mm:



0 comments:

Post a Comment

Blog Dian Alm II © 2008. Template by: Infonetmu