Jumat, 02 November 2012

Makalah Email Sebagai alat komunikasi


BAB II
PEMBAHASAN
A. Definisi E-Mail
“Electronic mail, e-mail, email: (computer science) a system of world-wide electronic communication in which a computer user can compose a message at one terminal that can be regenerated at the recipient's terminal when the recipient logs in)

Dari definisi di atas dapat dijelaskan bahwa e-mail atau surat elektronik dalam bahasa Indonesia merupakan sebuah sistem komunikasi elektronik dimana pengguna komputer di manapun berada dapat menulis dan mengirimkan sebuah pesan pada satu terminal dengan pengguna lain pada satu terminal dalam sebuah jaringan global. Hanya memang syarat untuk dapat membaca e-mail, maka penerima harus login dulu ke dalam sebuah server e-mail.

Definisi lain yang lebih singkat dari Wikipedia mengatakan bahwa:
“Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris "e-mail atau email" (ejaan Indonesia: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet” (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Surat_elektronik)

Atau dalam kamus istilah internet menyebutkan:
“E-mail atau electronic mail atau surat menyurat elektronik adalah sistem korespondensi secara elektronis antara satu komputer dengan komputer lain dengan memanfaatkan sistem jaringan komputer.”
Jadi secara sederhana surat elektronik merupakan pengganti surat biasa, hanya prasarana pengirimannya secara elektronik melalui internet.
Apabila dibicarakan dalam konteks web atau world wide web (www), e-mail merupakan bagian dari teknologi aplikasi berbasis web 1.0. Nah, pertanyaan selanjutnya adalah apa sih web 1.0. itu. Dalam berbagai literature, web 1.0 adalah merupakan teknologi web yang pertama kali digunakan dalam aplikasi world wide web, atau ada yang menyebut web 1.0. sebagai www itu sendiri yang banyak digunakan dalam situs web yang bersifat personal.

Beberapa ciri atau karakteristik web adalah:
1.      Merupakan halaman web yang statis atau hanya berfungsi untuk menampilkan
2.      Halaman masih didesain sebagai html murni, yang ‘hanya’ memungkinkan orang untuk melihat tanpa ada interaksi
3.      E-mail: membuat dan berkomunikasi dengan menggunakan e-mail [arif surachman
4.      Biasanya hanya menyediakan semacam buku tamu online tapi tidak ada interaksi yang intens
5.      Masih menggunakan form-form yang dikirim melalui e-mail, sehingga komunikasi biasanya baru satu arah.

Untuk saat ini perkembangan web yang banyak digunakan adalah teknologi aplikasi web 2.0. yang memungkinkan interaksi sosial dan pertukaran data. Seperti Youtube, Flickr, Situs-situs jejaring sosial (facebook, friendster) dan web-blog adalah beberapa contoh implementasi web 2.0 yang saat ini dapat ditemui.
E-mail sendiri dianggap sebagai bagian dari web 1.0 dikarenakan konsep aplikasinya yang masih satu arah, walopun saat ini banyak webmail yang sudah memanfaatkan teknologi web 2.0. sebagai bagian dari sistem layanannya, yakni dengan memberikan berbagai fasilitas yang memungkinkan menulis e-mail layaknya chating atau ngobrol.

1. Mengenal Jenis Aplikasi E-mail
Berdasarkan cara untuk mengakses e-mail, pada saat ini setidaknya ada 3 jenis aplikasi yang banyak digunakan oleh pengguna dalam mendapatkan pesan e-mailnya, yakni:
a.   E-mail Client
E-mail client merupakan satu metode penggunaan e-mail dengan menggunakan sebuah perangkat lunak khusus yang digunakan untuk mendownload dan mengirim pesan e-mail. PEsan dikirimkan dan diterima melalui sebuah software yang memungkinkan terhubung ke dalam satu buah server, sehingga computer kita akan berfungsi sebagai sebuah client dari server e-mail tersebut. Pada metode ini maka kita akan memerlukan sebuah software dan juga settingan POP/IMAP dan SMTP Server. Beberapa software yang digunakan untuk akses ini diantaranya adalah Outlook Express, MS Outlook, Eudora dan Thunderbird. Berikut adalah salah satu contoh gambaran penggunaan e-mail client. Biasanya pengguna e-mail client ini adalah para pengguna yang menggunakan jasa layanan e-mail berlangganan (melalui ISP) dan berbayar, walopun saat inipun sudah ada yang gratisan.
b. Webmail
Webmail berasal dari kata Web dan E-mail. Artinya adalah E-mail yang berbasiskan Web. Teknologi World Wide Web (Web) telah memungkinkan kita semua menggunakan web sebagai alat untuk melakukan komunikasi dengan e-mail. Jadi disini nanti, kita akan membuka e-mail melalui sebuah alamat web melalui sebuah browser (internet explorer atau firefox). Artinya kita tidak memerlukan sebuah program khusus untuk mendownload sebuah e-mail. Saat ini kecenderungan pemakai e-mail lebih banyak yang menggunakan aplikasi webmail ini. Alasannya disamping kemudahan biasanya adalah karena gratisnya. Namun demikian ada sisi kelemahannya yakni status e-mail ada di server sehingga untuk dapat membacanya kita harus selalu online. Berbeda dengan e-mail client yang memungkinkan kita membaca dan menuliskan e-mail pada saat kita offline atau belum terhubung ke internet (server e-mail), karena posisi pesan e-mail kita ada pada komputer kita bukan pada server.

c.   Push Mail
`Push Mail adalah merupakan teknologi ‘terbaru’ dari teknologi e-mail seiring dengan perkembangan mobile technology saat ini. Sudah tidak asing lagi bahwa saat ini banyak pengguna yang sudah menggunakan perangkat gadget atau mobile seperti handphone atau PDA untuk mengakses internet, termasuk didalamnya e-mail. Push Mail memungkinkan pengguna menerima e-mail secara realtime atau terus menerus melalui Handphone atau PDA. Jadi setiap server e-mail menerima sebuah pesan e-mail, server tersebut akan langsung meneruskan (mem-push) pesan tersebut ke perangkat mobile kita, sehingga pengguna tidak akan pernah ketinggalan informasi baru yang berasal dari e-mail.

2. Membuat Account E-mail
Proses pembuatan account e-mail sebenarnya sangatlah mudah, kita tinggal mengakses situs penyedia layanan dan melakukan pendaftaran dengan mengikuti langkah-langkah pendaftaran yang tersedia. Pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba melakukan pendaftaran atau pembuatan account e-mail melalui Gmail.com dan e-mail internal UGM.

3. Membuat Account E-mail di Gmail.com
Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan e-mail di Gmail.com:
1.      Buka Browser kita (Internet Explorer atau Firefox), ketik http://www.gmail.com
2.      Selanjutnya akan tampil halaman web Gmail.com seperti tampak pada gambar.
3.      Selanjutnya, klik pada bagian Create Account atau Buat Akun, sehingga akan tampil halaman seperti pada gambar.
4.      Isikan Nama Depan, Nama Belakang, Account untuk login, dan kata sandi (password), Pilih Pertanyaan untuk pengingat kata sandi, isi jawaban, isi e-mail sekunder (apabila tidak ada kosongkan saja), lokasi pilih Indonesia, Verifikasi Kata isikan sesuai yang tertera di atas misal gouti, lalu klik saya terima atau I accept. Sehingga akan tampil halaman sebagai berikut:
5.      Klik tunjukkan akun saya atau show my account untuk memasuki akun yang sudah dibuat. Akan tampil halaman sebagai berikut:
6.      Proses pendaftaran selasai, anda siap menggunakan e-mail anda dan anda telah memiliki account e-mail sekarang. Perhatikan bahwa nama e-mail anda adalah nama_account_anda@gmail.com (misal: elnadaboy@gmail.com)

4. Melakukan Pendaftaran E-mail UGM
Saat ini Universitas Gadjah Mada melalui Pusat Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PPTIK) juga menyediakan e-mail untuk para sivitas akademika UGM (Dosen, Karyawan, dan Mahasiswa). Untuk melakukan pendaftaran account UGM, lakukan langkah-langkah berikut ini:
1.      Buka alamat situs pendaftaran http://mail.ugm.ac.id/wmail/ sehingga akan tampil halaman sebagai berikut:
2.      Klik pada menu sebelah kiri E-mail – Formulir sehingga akan tampil halaman sebagai berikut, selanjutnya isikan sesuai data yang anda inginkan.
3.      Apabila sudah selesai, klik daftar untuk mengajukan pendaftaran. Selanjutnya nama anda akan masuk ke dalam daftar antrian.
4.      Untuk mendapatkan e-mail dan menggunakannya, setelah melakukan pendaftaran kita harus melakukan verifikasi dengan dating ke kantor PPTIK UGM dan menyerahkan FC bukti identitas kepegawaian atau kemahasiswaan kita (Kartu

5. Menulis E-mail
Setelah memiliki account e-mail, tentunya kita ingin memulai melakukan komunikasi atau surat menyurat dengan kawan lain yang memiliki e-mail. Berikut langkah-langkah dalam memulai menulis e-mail (menggunakan gmail.com)
1.      Masuk ke alamat situs penyedia layanan e-mail misal www.gmail.com
2.      Masukan account e-mail kita pada nama pengguna misal elnadaboy (ini apabila alamat e-mail kita adalah elnadaboy@gmail.com) dan masukkan kata sandi yang kita punyai (ingat bahwa kata sandi yang digunakan adalah kata sandi yang kita gunakan ketika kita melakukan pendaftaran). Selanjutnya klik login atau masuk, dan kita akan masuk ke halaman daftar e-mail kita seperti di bawah ini:
3.      Untuk membaca e-mail yang masuk klik pada judul atau nama pengirim e-mail dalam daftar kotak masuk (inbox), contoh klik Memulai dengan Gmail, selanjutnya akan tampil halaman yang berisi informasi (pesan) dari pengirim.
4.      Untuk menulis e-mail, klik pada bagian sebelah kiri atas membuat pesan (compose mail), sehingga akan tampil halaman sebagai berikut:
5.      Isikan e-mail tujuan pada bagian kepada (to), isikan judul atau subyek dari e-mail kita, dan tulisan pesan e-mail pada bagian yang tersedia. (lihat contoh).
6.       Isikan CC dan BCC apabila kita menginginkan e-mail yang sama juga dikirimkan alamat lain, apabila tidak tidak perlu diisi. Apabila ingin menambahkan atau menyertakan sebuah file gunakan lampirkan file atau attach file. Apabila sudah selesai klik kirim (send), sampai akhirnya akan tampil halaman sebagai berikut:
7.      Apabila pesan di atas terlihat maka bisa dipastikan bahwa e-mail anda telah terkirim. Selamat anda sudah dapat melakukan pengiriman pesan menggunakan e-mail.

B. Mendeskripsikan fungsi e-mail sebagai alt komunikasi
1. Mendeskripsikan fungsi e-mail sebagai alat komunikasi

a. Penggunaan Internal untuk komunikasi (e-mail)
E-mail (Electronic Mail) merupakan suatu fasilitas tertua dalam penggunaan Internet. Setiap hari hamper jutaan pesan dikirimkan ke ssegala tujuan. E-mail akan mempermudah orang dari seluru pengguna dunia untuk saling berkomunikasi dengan singkat

2.  Jenis layanan E-mail
a. E-mail berbasis WEB
Seluruh aktivitas mengirim atau menerima E-mail dilakukan melalui situs yang dibuat dengan WEB mail, beberapa layanan Internet gratis contoh: TelomNetMail, YahooMail, Hotmail.
b. E-mail bebasis Client
Dibutuhkan sebuah perangkat lunak untuk menggunakan E-mail pada mjumlh ini, yaitu,Eudura atau Microsoft Outlock. Fasilitas ini untuk menulis dan mengolah E-mail tanpa harus terhubung dengan internet.

3. fungsi e-mail sebagai alat komunikasi
E-mail adalah suatu cara untuk mengirimkan pesan dalam E-mail dibuat dengan pengolahan kata yang menghasilkan suatu dokumen dan dikirimkan secar elektronik menggunakan computer, E-mail alat komunikasi yang nudah, murah dan cepat

A. Kegunaan
  • Dapat mengirim file berupa program, gambar, grafik, dan fle lainnya
  • Dapat mengirim E-mail kebeberapa orang pada saatbersamaan
  • Dapat mengirimkan surat atau ucapan selamat kepada keluarga di kampong dan luar negeri
a.       Cara Mendapatkan E-Mail
·         Melalui penyedia E-mail gratis
·         Undagan dari teman
·         Dari perusahaan
·         Dari ISP(INTERNET SERVICES PROVIDER)
·         Memesan sendir


B. Mendeskripsikan Fungsi E-Mail Sebagai Alat Komunikasi
Penggunaan Internal untuk komunikasi (e-mail)
E-mail (Electronic Mail) merupakan suatu fasilitas tertua dalam penggunaan Internet. Setiap hari hamper jutaan pesan dikirimkan ke ssegala tujuan. E-mail akan mempermudah orang dari seluru pengguna dunia untuk saling berkomunikasi dengan singkat

2.  Jenis layanan E-mail
E-mail berbasis WEB adalah Seluruh aktivitas mengirim atau menerima E-mail dilakukan melalui situs yang dibuat dengan WEB mail, beberapa layanan Internet gratis contoh: TelomNetMail, YahooMail, Hotmail.

E-mail bebasis Client adalah Dibutuhkan sebuah perangkat lunak untuk menggunakan E-mail pada mjumlh ini, yaitu,Eudura atau Microsoft Outlock. Fasilitas ini untuk menulis dan mengolah E-mail tanpa harus terhubung dengan internet.

3. Fungsi E-Mail Sebagai Alat Komunikasi
E-mail adalah suatu cara untuk mengirimkan pesan dalam E-mail dibuat dengan pengolahan kata yang menghasilkan suatu dokumen dan dikirimkan secar elektronik menggunakan computer, E-mail alat komunikasi yang nudah, murah dan cepat

4. Kegunaan
·         Dapat mengirim file berupa program, gambar, grafik, dan fle lainnya
·         Dapat mengirim E-mail kebeberapa orang pada saatbersamaan
·         Dapat mengirimkan surat atau ucapan selamat kepada keluarga di kampong dan luar negeri
5.  cara mendapatkan E-mail
  • Melalui penyedia E-mail gratis
  • Undagan dari teman
  • Dari perusahaan
  • Dari ISP(INTERNET SERVICES PROVIDER)
  • Memesan sendiri

C. Mendeskripsikan Persamaan dan Perbedaan Mailbox di kantor Pos (Fisik) yang Memiliki 

Identitas dan Kunci dengan Mailbox E-mail (Logik) yang Memiliki User ID dan Password Pengiriman surat dengan menggunakan media konvensional akan menghasilkan sesuatu yang jelas dan hasilnya tidak perlu di klarifikasi. Sedangkan melalui e-mail,kadang informasi yang terkandung di dalamnya perlu dikonfirmasi ulang kepada pengirim terutama yang bersifat penting. Hal ini disebabkan karena tidak jarang e-mail sampah (spam) yang diterima oleh pemilik e-mail atau kadang pengirim e-mail yang mengaku sebagai orang lain. Pengguna e-mail memiliki sebuah kotak surat yang disebut mailbox yang tersimpan di mailserver. Untuk membukanya harus menggunakan user ID dan password.

D. Menggunakan Alamat Tujuan dan Subjek untuk Membuat E-mail
Banyak penyedia layanan e-mail antara lain ;
·         Yahoo! Yang beralamat di mail.yahoo.com
·         Gmail yang beralamat di mail.gmail.com
·         Hotmail layanan dari microsoft yang beralamat di www.hotmail.com
·         Plasa, dari telkom yang beralamt di www.plasa.com\
·         Nama login atau alamt e-mail pada umumnya terdiri dari dua bagian utama yaitu nama mailbox dan nama komputer dimana mailbox itu berada
·         Format penulisan nama e-mail sebagai berikut
namamailbox@namamailserver
·         contoh : rizka@yahoo.com


Melakukan pendaftaran di Yahoo Mail
Berikut ini langkahlangkah untuk melakukan pendaftaran di Yaho Mail ;

  1. Klik tombol Start, browser website misal mozzila firefox
  2. Buka situs yahoo mail di http://mail.yahoo.com di kotak address
  3. Klik Sign Up. Isikan form pendaftaran dengan datamu
  4. Isikan Enter the code shown pada bagian Verify Your Registration
  5. Klik I Agree pada bagian term of service
  6. Jika aplikasimu diterima maka akan muncul kotak dialog sukses,klik continue to Yahoo Mail
  7. Kamu akan mendapat inbox berisi ucapan selamat bergabung dari yahoo!. Selesai, untuk keluar klik tulisan sign out

2. Menggunakan Yahoo! Mail

    1. Klik start lalu browser-buka situs yahoo!-isi Yahoo ID dan Password
    2. Untuk mengetahui ada pesan masuk atau tidak dapat dilihat di inbox. Selain inboc ada juga draft,sent,spam dan Trash. Klik salah satu objek e-meil yang akan kamu baca
D. Melakukan Attachment File dalam E-mail
1. Mengirim E-mail
Cara untuk mengirim pesan adalah sebagai berikut ;

  • Langakh 1 sampai 2 sama dengan cara menggunakan e-mail seperti yang dijelaskan sebelumnya
  • Klik ikon Compose-pada kotak To ketikkan alamat e-mail penerima dan pada kotak Subject ketikkan judul dari e-mail yang akan dikirim. Pada kotak Cc (Corbon copy) isi alamat tujuan lain yang mendapat tembusan e-mail
  • Pada kotak Bcc (Blind carbon copy) isi alamat tujuan lain yang mendapat tembusan tetapi alamat ini tidak ditampilkan di sisi penerima sehingga penerima e-mail ini tidak mengetahui siapa saja yang menerima e-mail ini
  • Isi e-mail yang akan dikirim pada kotak editor lalu klik Send
  • Akan muncul halaman konfirmasi-klik back to inbox

2. Mengirim Attachment File dalam E-mail
Ketika melakukan pengiriman e-mail kamu juga dapat mengirimkan lampiran lain berupa file melalui e-mail dengan menggunakan attachment,langkah-langkahnya sebagai berikut : ;
    1. Setelah menuliskan pesan di kotak teks,klik tombol attach files
    2. Pilih file yang akan kamu sertakan dengan mengklik tombol Browse-akan ditampilkan kotak proses pengambilan file
    3. Setelah berhasil klik tombol Continue to Message-klik Send
E. Melakukan Reply dan Forward
1. Melakukan Reply E-mai
  1. Buka surat di inbox-klik tombol Reply
  2. Subjek dari balasan e-mail tersebut mendapat tambahan Re:Subjek Lama. Tuliskan balasan surat pada kotak editor.
  3. Klik tombol attach files jika ingin menyertakan file-klik tombol send

2. Melakukan Forward E-mail
Forward adalah fasilitas untuk meneruskan e-mail yang kamu terima ke alamat e-mail lain selain alamat si pengirim. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
a.       Buka surat di inbox-klik tombol forward
b.      Tuliskan alamat e-mail tujuan pada kotak To-klik sen
c.       Klik Back To Message untuk kembalu ke kotak surat
F. Mengelola E-mail
Pengelolaan e-mail berarti kamu dapat menghapus e-mail,mengosongkan folder,atau memindahkan ke folder khusus sesuai dengan kategori yang kamu inginkan. Untuk menghapus e-mail dapat menggunakan cara berikut ;
a.       Buka inbox,pilih e-mail yang akan dihapus
b.      Klik pada bagian kiri sender sampai muncul tanda check list-klik Delete
Jika terspat e-mail yang masuk ke folder bulk sebaiknya dihapus,caranya pilih Bulk pada bagian folders selanjutnya sama seperti pada saat kamu menghapus e-mail
G. Melakukan Download Attachment dan Memindahkan pada Media Lain
Kamu dapat membuka dan menyimpan file atachment yang kamu terima ke media lain. Langkah-langkahnya sevagai berikut
a.                           Buka e-mail yang mengandung file attachment-akan ditampilkan halaman e-mail
b.                           Klik nama file attachment pada kotak subjek e-mail untuk membuka file lampiran
c.                           Klik scan and download attachment kemudian akan tampil kotak konfirmasi pengecekan file attach terhadap virus
d.                          Klik download attachment jika file yang sudah di scan benar-benar bebas virus
e.                           Akan muncul kotak dialog untuk download dan terdapat beberapa pilihan
a.       Open jika hanya ingin membuka
b.      Save jika ingin menyimpan
c.       Cancel jika ingin membatalkan
d.      More info jika ingin mengetahu informasi lebih lanjut mengenai proses download
e.       Misal ingin menyimpan klik tombol save lalu save as-tentukan folder penyimpanan-ketik nama file jika ingin diubah
f.       Klik tombol Save sampai muncul kotak dialog Download Complete-klik open\
H. Kode Etik Penggunaan E-mail
Etika dalam berkomunikasi melalui e-mail dikenal dengan istilah netiquette atau internet etiquette, berikut beberapa aturannya ;
·         Hindari penggunaan huruf kapital terhadap seluruh isi pesan karena penggunaan Caps Lock dapat diartikan sebagai teriakan
·         Hormati privacy orang lain, apabila kamu sedang mengirim e-mail ke sejumlah orsng yang mungkin tidak saling kenal gunakan Bcc agar alamat mereka tidak saling diketahui
·         Jangan terus menerus mengirimkan sesuatu pada mereka yang tidak pernah membalas. Tidak semua orang suka dengan bahan yang kita forwardkan
·         Jangan teruskan surat berantai
·         Jangan melakukan spam
·         Perhatikan suusnan e-mail ‘forwards’,luangkan sedikit waktu untuk menghapus tanda <<>
·         Jangan biarkan bagian subek kosong
·         Gantilah subject apabila topik pembicaraan kamu berubah
·         Hapuslah pesan Reply yang tidak perlu
·         Jangan mudah tersinggung,reaksi berlebihan atau terburu-buru menghapus suatu e-mail tanpa berusaha memikirkannya dengan baik
·         Bersabarlah dalam menunggu balasan
·          Jangan mengirim e-mail dengan attachment yang terlalu besar kecuali jika dimint
·         Hindari kesalahan ejaan ataupun bahasa
·         Hindari penggunaan kata-kata ‘pedas’ karena membuat orang tidak enak hati.
·         Baca frequently Asked Question (FAQ) jika kamu bergabung dalam sebuah kelompok diskusi
























BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan

Email (Electonic Mail) bukan lah hal yang asing lagi bagi masyarakat,bahkan sebagian individu menggunkan email sebagai kebutuhan sehari hari

Email adalah salah satu cara berkirim surat. Namun dengan layanan email selain praktis, tidak di batasi ruang dan waktu, juga kita tak perlu meronggoh biaya yang banyak. Kita dapat berbagi informasi dan menerima informasi pada saat kita online. Namun hati hati dalam penggunaan layanan ini banyak orang orang jahat yang akan memasuki email dengan virus yang akan berakibatkan fatal.
E-mail(electronic Mail) merupakan salah satu fasilitas tertua dalam pengfunaan internet. E-mail merupakan fasilitas internet yang paling banyak dimanfaatkan oleh pengguna. Setiap hari hampir jutaan pesan dikirimkan ke segala tujuan. Dengan adanya e-mail maka akan mempermudah orang dari seluruh penjuru dunia untuk saling berkomunikasi dalam waktu singkat.

Salah satu alasan disebarluaskannya penggunaan internet sebagai jaringan komputer internasional adalah karena fleksibel dari berbagai jenis komputer yang dapat terhubung dengan internet. Jadi apa pun jenis komputer kamu, apa pun cara yang kamu gunakan untuk mengakses internet, dan apapun jenis program e-mail yang kamu gunakan, kamu akan tettap dapat mengirim atau menerima surat melalui internet.

Terdapat dua jenis layanan e-mail, yaitu sebagai berikut.

a. E-mail yang berbasis web 
Pada e-mail jenis ini seluruh aktivitas mengirim atau menerima e-mail dilakukan melalui sebuah situs yang disebut web mail. Setiap kali akan menggunakan e-mail, pengguna harus terhubung terlebih dahulu dengan internet. Beberapa web mail penyedia layanan internet gratis sudah banyak tersedia di internet, misalnya TelkomNet Mail, Yahoo Mail, Hotmail.

b. E-mail yang berbasis client
Dibutuhkan sebuah perangkat lunak apabila akan menggunakan e-mail pada e-mail jenis ini, misalnya Eudora atau Microsoft Outlook. Fasilitas yang di sediakan perangkat lunak tersebut, antara lain fasilitas untuk menulis dan mengolah e-mail tanpa harus terhubung dengan internet.




DAFTAR PERPUSTAKA

1. Atkinson & Atkinson. 1998. PEngantar PSikologi, edisi kesebelas. Batam :
Interaksara.
2. Crain, William. 1992. Theories of Development : Concept and Applications, third
edition. New Jersey :Prentice-Hall, Inc.
3. Hurlock, Elizabeth. B. 1980. Developmental Psychology A life-Span Approach,
fifth edition. New Delhi :Tata McGraw-Hill Publishing Company Ltd.
4. Hall, Lindzey & Campbell. 1998. Theories of Personality, forthh edition. New
York : John Wiley & Sons, Inc.


mm:



0 komentar:

Poskan Komentar

KAWAN...Jangan Lupa Like ya
×
Blog Dian Alm II © 2008. Template by: Infonetmu